Mesin hitung atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.
Berikut adalah Kalkulator sederhana dengan menggunakan java :
package kalkulator;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author Herbalife
*/
public class Kalkulator extends JFrame{
JButton tambah, pengurangan;
JTextField num1, num2;
JLabel result, enter1, enter2;
// Konstructtor
public Kalkulator(){
setLayout(new GridBagLayout());
GridBagConstraints c = new GridBagConstraints();
//Label bilangan 1
enter1 = new JLabel("Bilangan 1: ");
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx = 0; //posisi baris
c.gridy = 0; //Posisi kolom
add(enter1, c);
//Input bilangan 1
num1 = new JTextField(10);
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx = 1;
c.gridy = 0;
c.gridwidth = 3; //Panjang gride baris
add(num1, c);
//Label bilangan 2
enter2 = new JLabel("Bilanagn 2: ");
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx = 0;
c.gridy = 1;
c.gridwidth = 1;
add(enter2,c);
//Input bilangan 2
num2 = new JTextField(10);
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx = 1;
c.gridy = 1;
c.gridwidth = 3;
add(num2,c);
//Tombol tambah
tambah = new JButton("+");
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx = 0;
c.gridy = 2;
c.gridwidth = 1;
add(tambah, c);
//Tombol pengurangan
pengurangan = new JButton("-");
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx = 1;
c.gridy = 2;
add(pengurangan, c);
//Label digunakan untuk menampilkan hasil
result = new JLabel("");
c.fill = GridBagConstraints.HORIZONTAL;
c.gridx=0;
c.gridy=4;
c.gridwidth=4;
add(result,c);
event a = new event();
tambah.addActionListener(a); //Action tambah
pengurangan.addActionListener(a); //action pengurangan
}
public class event implements ActionListener{
public void actionPerformed(ActionEvent a){
double bil1, bil2;
try { //try catch digunakan untuk menangani error
bil1 = Double.parseDouble(num1.getText()); //Parse input ke double
} catch (NumberFormatException e) {
result.setText("Inputan bilangan 1 tidak valid");
result.setForeground(Color.RED);
return;
}
try {
bil2 = Double.parseDouble(num2.getText());
} catch (NumberFormatException e) {
result.setText("Inputan bilangan 2 tidak valid");
result.setForeground(Color.RED);
return;
}
String op = a.getActionCommand();
if(op.equals("+")){
double sum = bil1 + bil2; //Lakukan punjumalahn dan disimpan ke variabel sum
result.setText("Hasil "+bil1 +"+"+ bil2 +"="+sum); //Menampilkan hasil penjumlahan
result.setForeground(Color.blue);
}else if(op.equals("-")){
double diff = bil1 - bil2;
result.setText("Hasil "+bil1 +"-"+ bil2 +"="+diff);
result.setForeground(Color.blue);
}
}
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
Kalkulator gui = new Kalkulator();
gui.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); //inisial tombol close
gui.setVisible(true);
gui.setSize(400,275); //lebar dan tinggi box
gui.setTitle("Program Kalkulator Sederhana"); //Set title
}
}
Berkut output yang dihasilakn program diatas :
Semoga Bermanfaat, . .
0 Response to "Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Guide"
Post a Comment